PENGANTAR JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET


____________PENGANTAR INTERNET____________________________
A.      SEJARAH INTERNET
Pada tahun 1969, Lembaga Riset Departemen Pertahanan Amerika Serikat / DARPA (Defence Advance Research Project Agency), mendanai sebuah riset untuk mengembangkan jaringan komunikasi data antar komputer. Riset ini bertujuan mengembangkan aturan komunikasi data antar komputer yang:
1.       Bekerja secara transparan, melalui bermacam-macam jaringan komunikasi data yang terhubung satu dengan lainnya.
2.       Tahan terhadap berbagai gangguan (bencana alam, serangan nuklir, dan lain-lain).
Pengembangan jaringan ini melahirkan ARPANET tahun 1972. Aplikasi Internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP, menyusul kemudian Email dan Telnet. Tahun 1979 ditemukan layanan baru yaitu Usenet (Newsgroups). Pada awalnya Usenet hanya menghubungkan universitas Duke dan UNC.
ARPANET semakin lama semakin besar. Pada awalnya protokol komunikasi data yang digunakan yaitu NCP (Network Communication Protocol) sampai kemudian DARPA mendanai pembuatan protokol yang lebih umum, yang dinamakan TCP/IP. Tahun 1982, Departenen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan bahwa TCP/IP menjadi standar untuk jaringannya. Protokol ini kemudian diadopsi menjadi standar ARPANET pada tahun 1983.
Pada tahun 1986 Lembaga Ilmu Pengetahun Amerika Serikat mendanai pembuatan jaringan TCP/IP yang dinamai NSFNET. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan lima pusat komputer super dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerika Serikat dengan backbone (tulang punggung) sevesar 56kbps. Jaringan inilah yang kemudian embrio berkembangnya internet yang kita kenal sekarang. Pada tahun 1987 berdiri UUNET yang saat ini merupakan salah satu provider utama internet. Perkembangan Internet menjadi semakin luas dan sampai menjangkau Australia dan Selandia Baru pada tahun 1989. Dua tahun kemudian aplikasi di internet bertambah dengan diciptakannya WAIS (Wide Area Information Servers), Gopher, dan WWW pertama dengan kemampuan grafis.

B.      JARINGAN KOMPUTER
Pengertian jaringan komputer menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM mengemukakan bahwa:
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi”. (Konsep & Perancangan Jaringan Komputer, 2003).
Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa data-informasi dari sisi pengirim menuju penerima secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui media transmisi atau media komunikasi tertentu.
·            Jenis-Jenis Jaringan Komputer
1.         Local Area Network (LAN), adalah jaringan komputer yang digunakan untuk lingkungannya sendiri dan tidak terhubung dengan jaringan komputer yang lain. Misalnya jaringan komputer dalam sebuah ruangan, pada laboratorium sekolah, atau gedung dengan komunikasi yang sebatas lingkungannya.

2.         Metropolitan Area Network (MAN), adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan atau komunikasi yang lebih luas dibandingkan dengan jenis jaringan komputer LAN  dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam satu grup tertentu. Misalnya, jaringan komputer pada bank atau kantor Pos.

3.         Wide Area Network (WAN), adalah jaringan komputer yang sangat luas yang komunikasinya mencakup seluruh negara didunia.
Struktur Jaringan Internet

·            Topologi Jaringan Komputer
1.         Topolgi Peer to Peer (Point to Point)
Setiap komputer mempunyai kedudukan yang setingkat.

Kelebihan jaringan komputer dengan topologi Point to Point:
-               Mudah dalam mengalokasikan alamat jaringan;
-               Karena tidak ada level yang lebih tinggi, antara komputer yang satu dengan yang lain tidak dapat saling mengontrol.
Kelemahan jaringan komputer dengan topologi Point to Point:
-               Kerahasiaan data tidak dapat dijamin karena tidak adaya kontrol yang ketat antar komputer;
-               Apabila satu komputer terlambat, akan mempengaruhi kecepatan komputer yang lain
-               Kerahasiaan data tidak dapat dijamin karena tidak adaya kontrol yang ketat antar komputer;
-               Apabila satu komputer terlambat, akan mempengaruhi kecepatan komputer yang lain.
2.         Topolgi Bus
Ciri  utama dari topologi ini adalah terdapatnya satu jalur umum yang berbentuk garis lurus dimana setiap sambungan saling bergantung.
Kelebihan jaringan dengan topologi bus:
-               Biaya yang digunakan untuk membangung jaringan dengan topologi ini lebih murah jika dibandingkan dengan topologi tree;
-               Tidak membutuhkan konsentrator;
-               Jika salah komputer mati, tidak akan mengganggu komputer yang lain.
Kelemahan jaringan dengan topologi bus:
-               Apabila pada jalur umum terjadi kabel yang putus, semua komputer tidak dapat saling berkomunikasi;
-               Sering terjadi tabrakan file data yang dikirim;
-               Untuk pengembangan ke arah yang lebih luas mengalami hambatan
3.         Topolgi Ring
Jaringan dengan topologi ring merupakan pengembangan dari jaringan dengan topologi bus. Jaringan dengan topologi ring menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lian dengan tiada putus, sehingga tampak seperti sebuah cincin.
Kelebihan jaringan dengan topologi ring:
-               Dapat menghindari tabrakan file data ynag dikirim, karena data yang dikirim mengalir dalam satu arah sehingga untuk data yang dikirim pada selanjutnya akan dikerjakan setelah pengiriman pertama selesai;
-               Semua komputer pada jaringan mempunyia status atau tingkatan yang sama;
-               Memiliki hubungan atau koneksi antar komputer yang tidak terputus.
Kelemahan jaringan dengan topologi ring:
-               Sulit untuk pengembangan jaringan ke arah yang lebih luas;
-               Apabila ada kabel koneksi yang terputus dua arah, maka seluruh koneksi akan terputus atau terganggu
4.         Topolgi Star
Jaringan dengan topologi star merupakan jaringan yang menghubungkan tiap node dengan menggunakan alat penghubung terpusat atau yang disebut dengan konsentrator.
Bentuk fisik dari topologi ini seperti bintang, dimana setiap node dihubungkan ke pusat. Jadi, setiap transfer data selalu melalui pusat. Media transmisi bersifat tertutup dan setiap client mempunyai kabel tersendiri untuk langsung berhubungan dengan file server sehingga apabila salah satu client mengalami kegagalan, maka client yang lain tetap dapat berkomunikasi dengan server.
Kelebihan jaringan dengan topologi star:
-               Jaringan mudah untuk dikembangkan;
-               Jika terdapat salah satu kabel client yang putus tidak akan mempengaruhi jaringan pada keseluruhan;
-               Kontrol manajemen lebih mudah karena semuanya terpusat ke satu titik pusat (sentralisasi).
Kelemahan jaringan dengan topologi star:
-               Jika sentralnya (konsetrator) rusak, semua komputer tidak dapat berkomunikasi;
-               Jila pengiriman data secara bersamaan waktunya, dapat terjadi collision
5.         Topolgi Tree
Komputer dengan jaringan topologi tree hampir sama dengan jaringan pada topologi star. Hanya pada jaringan ini mempunyai beberapa komputer yang berfungsi sebagai penghubung dan mempunyai tingkatan lebih tinggi. Komputer dengan tingkatan yang lebih tinggi akan mengendalikan komputer yang lain yang berada dibawahnya.
Skemanya memiliki kesamaan dengan skema pohon, yaitu komputer pusat dihubungkan dengan beberapa komputer. Masing-masing komputer dihubungkan ke beberapa komputer lainnya.
Untuk mengirimkan data atau yang lain pada komputer yang tingkatnya di bawah akan mengirimkan ke komputer pada tingkatan diatasnya, dan komputer pusat akan mengirimkan kepada komputer pada tingkatan dibawahnya hingga mencapai komputer yang dituju
·            Arsitektur Jaringan Komputer
Untuk mengelola suatu jaringan diperlukan adanya arsitektur jaringan. Arsitektur jaringan dibedakan menjadi tiga berdasarkan tipe jaringannnya, yaitu
1.        Peer To Peer, semua komputer memiliki tingkatan yang sama
2.        File Server, penggunaan hardisk, printer dan applikasi secara bersama-sama oleh Client dari Server
3.        Client-Server, sepenuhnya kontrol dilakukan oleh Server sebagai tingkat tertinggi
C.      APPLIKASI INTERNET
Aplikasi yang tersedia saat ini sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi ini banyak digunakan dalam berbagai bidang akademis, iliter, kesehatan, media massa, industri dsb.
1.           Word Wide Web (WWW)
WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan pada server yang terdapat di seluruh dunia, dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Mark-up Language (HTML).
HTML memiliki kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain, juga dengan HTML kita dapat membuat dokumen yang memuat teks, objek/gambar, animasi, audio dan video.
2.           Electronic Mail (E-mail) dan Mailing List (Milis)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana komunikasi surat menyurat (berupa teks atau dokumen, gambar, dll) dalam bentuk elektronik dengan proses pengiriman yang cepat.
Contoh program e-mail antara lain: Qualcomm Eudora, Microsoft Outlook, Netscape Messenger, Pine, dll.
Dengan E-mail anda dapat mengirimkan surat elektronik ke seluruh pengguna Internet, baik di dalam maupun di luar negeri. Anda juga dapat mengikuti mailing list, yaitu diskusi melalui e-mail yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai minat yang sama.
Mailing List (Milis) adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Setiap E-mail yang dikirimkan melalui milis maka akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang tergabung atau terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
3.           Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi dalam suatu forum melalui fasilitas video conferencing dengan alat bantu webcam.
Dengan program-program pembaca  newsgroups seperti  Forte Agent, anda dapat berdiskusi seperti pada mailing list. Newsgroups (sering disebut juga Usenet) dan mailing list mempunyai perbedaan mendasar.
Pada newsgroups: (1) tulisan anda disimpan oleh news server (2) tulisan dapat dibaca oleh semua orang (3) anda harus memilih tulisan yang akan dibaca dan kemudian "mengambilnya". Anda dapat membayangkan newsgroups seperti majalah dinding di sekolah. Pada mailing list: (1) tulisan dikirimkan langsung ke mail box masing-masing peserta diskusi (2) hanya anggota mailing list yang dapat membacanya (3) tanpa memilihpun, tulisan yang dikirimkan orang lain akan masuk ke komputer anda.
4.           Internet Relay Chat (IRC) dan Chatting
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi secara real time di internet dalam bentuk teks. Chatting adalah berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi IRC. Chatter adalah orang yang berkomunikasi melalui program Chatting.
Beberapa program chatting antara lain: mIRC, Pirch, Virc dan lain sebagainya.
5.           File Transfer Protocol (FTP)
FTP adalah aplikasi internet untuk mengirimkan atau mengambil file (download) ke atau dari sebuah komputer lain.
6.           Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh atau dalam suatu jaringan komputer dimana masing-masing komputer memiliki alamat IP (Internet Address) dan memiliki hak akses yang syah (User ID).
7.           Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari infromasi berupa teks di internet.
8.           Packet Internet Gopher (Ping)
Ping adalah aplikasi internet yang digunakan untuk memeriksa keberadaan komputer dalam suatu jaringan atau internet.

D.      Web Browser
adalah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet. Contoh software tersebut antara lain:
1.        Mozilla
2.        Internet Explorer
3.        Netscafe Navigator
4.        Opera

E.       Search Engine
Karena begitu banyaknya web dan situs pada masa sekarang ini maka kita membutuhkan suatu alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini dikenal dengan istilah search engine berikut kita akan berkenalan dengan beberapa search engine yang
sangat terkenal.
Dalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari.
Perlu diingat ketika anda akan melakukan pencarian anda minimal mengenal satu suku kata dari web yang akan anda cari hal ini akan mempermudah pencarian dan mempercepat pencarian dan meminimalisasi pencarian web-web yang tidak diharapkan.
Beberapa contoh Search Engine yaitu:
1.     Google             http://www.google.co.id atau www.google.com
2.     Yahoo              http://www.yahoo.com
3.     Lycos               http://www.lycos.com
4.     Alta Vista          http://www.altavista.com
5.     Excite               http://www.excite.com
6.     Hotbot              http://www.hotbot.com

F.       Alamat Internet dan Hyperlink
o      Alamat Internet
Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian :
1.         Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
2.         Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)
3.         Nama organisasi yang mengatur situs.
4.         Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)

Contoh alamat internet http://www.telkom.net/ yang berarti:
http:
Web server ini menggunaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
www
Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web
telkom
Web server ini berada di Telkom yang mengatur situsnya
net
Ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (network)

Ketika mengetikan alamat internet contohnya seperti http://www.telkom.net/ kedalam Address Bar dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi itu akan muncul dalam Workspace. Informasi yang muncul itulah yang sering kita sebut situs web (website).

o      Hyperlink
Di dalam situs web biasanya anda akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link. Jika bagian ini diklik, kita akan dibawa ke halaman web lainnya. Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger.


Tugas
1.     Carilah masing-masing dua alamat situs dengan jenis organisasi yang berbeda-beda, misalnya: http://www.yahoo.com  atau http://www.google.co.id
2.     Apa arti dari jenis organisasi pada pertanyaan no. 1 tersebut. Misalnya pada contoh alamat situs no.1.
.com    mengidentifikasikan situs commercial
.co.id   mengidentifikasikan cooperated Indonesian
.net      mengidentifikasikan …… dsb
3.     Cari dan tuliskan dua alamat dari situs SMP Negeri 5 Garut